Psikologi sebagai Ilmu Pengetahuan

 
Selamat datang kembali lagi di blog sederhana ini yang membahas mengenai psikologi dan segala isinya. Perlu diketahui bahwa dalam perkembangan psikologi dari zaman Yunani kuno hingga sampai sekarang ini telah mengalami berbagai perkembangan di dalamnya.

Saat ini para akademisi dan prarktisi di bidang psikologi telah memberikan berbagai implikasi kepada perkembangan psikologi sebagai ilmu melalui berbagai penelitian sebelumnya. Meski begitu psikologi baru dikenal pada sekitar akhir tahun 1800-an yang diprakarsai oleh Wilhelm Wundt yang saat itu telah mendirikan sebuah laboratorium pertama di dunia. 

Sekitar tahun 1879 Wilhelm Wundt telah mendirikan laboratorium psikologi yang pertama di salah satu Universitas Jerman tepatnya di Leipzig. Maka dengan adanya laboratorium itulah diiharapkan dapat mengembangkan berbagai metode ilmiah untuk lebih memahami tentang manusia, meskipun sebelumnya sudah dilakukan oleh Aristoteles pada zaman kuno. Dengan berdirinya laboratorium inilah maka psikologi dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu pengetahuan karena sudah memiliki syarat dengan berdirinya laboratorium oleh Wilhelm Wundt.

Wilhelm Wundt dinobatkan sebagai bapak psikologi modern, karena dapat mendirikan laboratorium dan menjadikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

Telah diketahui bahwa sebelum abad ke-19 psikologi masih merupakan sebuah ilmu dari filsafat. Namun perbedaan dari cara memecahkan masalah dan berbagai pendekatannya berbeda daripada ilmu filsafat itu sendiri. Di masa modern hingga saat ini psikologi telah dilakukan melalui pendekatan ilmiah (scientific) melalui penelitian empirik dengan menggunakan metode yang sudah berkembang hingga sampai ditemukannya problem solved dari suatu masalah dalam dinamika kehidupan manusia.

Seperti itulah penjelasan singkat bahwa psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang telah kita pelajari hingga sampai ini. Di berbagai Universitas tentu perkembangan psikologi sebagai ilmu pengetahuan telah memiliki andil cukup besar dalam kehidupan manusia. Salam Ilmuwan.